Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

23/12/2012

KEUTAMAAN MENUNTUT ILMU



Dari Mu’awiyah bin Sufyan    ia berkata : “Aku mendengar Rasulullah     bersabda : barangsiapa yang Allah kehendaki baginya kebaikan, maka Dia akan memahamkan agama (islam) kepadanya”(HR. Bukhari dan Muslim)
Hadits yang mulia ini menunjukkan agungnya kedudukan ilmu agama dan keutamaan yang besar bagi orang yang menuntutnya, sehingga Imam nawawi rohimahulloh dalam kitab riyadusshalihin pada pembahasan ”keutamaan ilmu “ mencantumkan hadits  ini sebagai hadits yang pertama.
Imam An-Nawawi berkata dalam syarah shahih    muslim : “ Hadits ini menunjukkan keutamaan ilmu (agama) dan keutamaan mempelajarinya, serta anjuran untuk mempelajarinya, serta anjuran utntuk menuntut ilmu.
Imam ibnu Hajar al-asqolani Rohimahulloh, berkata : “ dalam hadits ini terdapat keterangan yang jelas tentang keutamaan orang-orang yang berilmu di atas semua manusia, dan keutamaan mempelajari ilmu agama di atas ilmu-ilmu yang lainnya.
Berikut ini beberapa Mutiara Hikmah Yang dapat kita petik dari hadits ini adalah :
1.     Sesungguhnya ilmu yang disebutkan keutamaannya  dan di puji oleh Alloh adalah ilmu agama .
2.     Bahwasanya salah satu ciri utama orang yang akan mendapatkan taufik dan kebaikan dari Alloh subhanahuwata’ala adalah orang-orang yang berusaha mempelajari dan memahami petunjuk Alloh dan Rasul-Nya shollallohualaihi wasallam dalam agama islam.
3.     Bahwasanya Orang yang tidak memiliki keinginan untuk mempelajari ilmu agama akan terhalangi untuk mendapatkan kebaikan dari Alloh Subhanahu wata’ala.
4.     Yang dimaksud dalam hadist ini dengan pemahaman agama adalah ilmu/pengetahuan tentang hukum-hukum agama yang membuahkan amalan shaleh, karena ilmu yang tidak di barengi dengan amalan shaleh bukanlah merupakan ciri kebaikan.
5.     Memahami petunjuk Alloh  dan  Rasul- Nya dengan benar merupakan penuntun bagi manusia untuk mencapai derajat takwa kepada Alloh.
6.     Pemahaman yang benar tentang agama islam hanyalah bersumber dari Alloh Subhanahu wata’ala semata, oleh karena itu hendaknya seorang muslim disamping giat menuntut ilmu, selalu berdo’a dan meminta pertolongan dari Alloh agar di anugerahkan pemahaman yang benar dalam agama.

(Majalah As-sunnah edisi 03 th. XIII)

0 komentar:

Share It