Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

23/06/2012

Makalah



Makalah
“Pengaruh Isu kenaikan BBM Terhadap Perubahan Harga Barang-barang Kebutuhan Pokok Di Pasar Barata, Ampenan - Mataram”
 
Oleh:
-     Hapiz Hidayatulloh
-     M.Bai’ul Haq
-     Sahabudin Rasyid
-     Aminuddin Ansory

Fakultas Ekonomi
Universitas Mataram
2012/2013

Kata Pengantar

Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kehadirat Alloh Subhanahu wata’ala yang telah memberikan kita begitu banyak nikmatnya sehinngga kita masih bisa bernafas seperti yang sekarang ini dan khususnya bagi penyusun dapat merampungkan penyusunan makalah yangsederhana ini. Dan kedua kalinya shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan alam Nabi besar Muhammand Shollallohualaihi wasallam, seorang revolusioneris yang telah mengubah kehidupan di dunia ini yang semula penuh dengan kejahatan dan kecurangan serta jauh dari ilmu, maka atas kehaadiran beliau dimuka bumi ini dunia ini berubah sratus delapan puluh derajat dengan berkembang dan tersebar luasnya ilmu pengetahuan yang memberi mampaat yang sangat besar bagi kehidupan kita.
Makalah ini kami susun untuk menyelesaikan tugas dari dosen pengampu mata kuliah ekonomi mikro, yaitu sebelum menyusun makalah ini kami melakukan survey lapangan yaitu dengan melakukan survey pasar di pasar Barata,Ampenan. Selanjutnya hasil survey tersebut kami bandingkan dengan berbagai sumber seperti internet untuk bisa menarik kesimpulan bagaimana pengaruh isu kenaikan BBM terhadap harga bahan-bahan makanan pokok seperti beras, tahu, daging, sayur kangkung, minyak goreng, dan gula pasir.
Ahirnya kami berharap semoga dengan hadirnya makalh yang sederhana ini dapat bermampaat bagi segenap pembaca khususnya dan kita semua pada umumnya. Selanjutnya kami sangat mengarapkan kritik dan saran dari pembaca sekalian demi perbaikan pada penyusunan makalh-makalh selanjutnya. Akhir kata kami ucapkan Wabillahitaufiq wal hidayah, Assalamualikum warohmatulloh.


Penyusun



Daftar Isi
Kata Pengantar
Daftar isi
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
B.    Rumusan masalah
             BAB II PEMBAHSAN
A.    Sebab-sebab naiknya harga sembako di pasar sembakob   
B.    Data survey mengenai harga sembako di pasar Kebun Roek dan di pasar Barata
BAB III PENUTUP
Kesimpulan dan saran













BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Isu kenaikan BBM beberapa bulan yang lalu telah melahirkan banyak konflik dan pro kontra antara pemerintah dan rakyat, seperti terjadinya demonstrasi besar-besaran oleh masyarakat dan mahasiswa, sehingga banyak menimbulkan kerusakan- kerusakan. Namun dalam hal ini kami tertarik untuk menganalisa isu kenaikan BBM tersebut dari sisi lain, yaitu dari sisi ekonomi, bagaimana dampak isu kenaikan BBM terhadap berbagai harga barang-barang di pasaran berhubung kami adalah mahasiswa jurusan ekonomi, dimana masalah ini sangat berkaitan langsung dengan disiplin ilmu yang sedang kami geluti. Dan kami berharap nantinya apa yang telah kami coba lakukan ini dapat memberikan masukan kepada pemerintah yang akan mengambil keputusan terkait naik atau tidaknya harga BBM ini.
Itulah sekiranya yang melatarbelakangi penyusunan makalah ini, walaupun sederhana namun mencoba untuk mengungkapkan fakta yang terjadi di masyarakat terkait isu kenaikan BBM.
B.    Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas kami dapat menarik beberapa rumusan-rumusan masalah yakni antara lain:
1.     Apa dasar-dasar yang menyebabkan terjadinya kenaikan harga sembako di pasar?
2.      Apakah harga bahan sembako mengalami kenaikan harga pada saat keluarnya isu kenaikan BBM di pasar terdekat?
 






BAB II
PEMBAHASAN
A.       Faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan harga sembako
1.      Perbandingan permintaan dan penawaran yang tidak seimbang. Ini sesuai dengan hukum ekonomi yaitu jika permintaan naik sementara penawaranan tetap atau berkurang maka harga akan cenderung turun.
2.      faktor pedagang. Kenaikan beras misalnya, selain dipicu oleh faktor Supply and Demand, dipicu juga oleh permainan para pedagang/tengkulak, di mana petani lebih memilih menjual ke pasar bebas daripada ke Bulog dikarenakan harga GKP (Gabah Kering Panen) dan GKG (Gabah Kering Giling) lebih tinggi daripada harga GKP dan GKG yang dipatok oleh Bulog.
3.     Kebijakan pemerintah. Tidak  di ragukan lagi bahwa kebijakan pemerintah akan sangat mempengaruhi harga barang-barang di pasar, kebijakan pemerintah untuk menaikkan atau menurunkan pajak ataupun subsidi misalnya. Jika pemerintah menaikkan tarif pajak maka harga barang akan naik,begitu pula sebaliknya jika pemerintah menurunkan tariff pajak maka harga barang juga akan turun. Adapun subisdi jika pemerintah memberikan subsidi maka harga barang akan turun dan sebaliknya jika pemerintah mencabut subsidi maka harga barang akan naik.
4.     Stok barang
Faktor yang satu ini juga sangat berpengaruh terhadap harga barang-barang, khususnya sembako. Jika stok/pasokan barang banyak maka harga barang cenderung menurun, dan sebaliknya jika pasokan barang sedikit maka harga barang akan naik. Hal ini dapat kita lihat pada saat panen raya banyak produk-produk pertanian yang harganya anjlok seprti tomat,cabe,dan sebagainya.



B.   Harga sembako di pasar Barata sebelum dan sesudah isu kenaikan harga BBM

Berdasarkan survey yang kami lakukan di pasar barata-Ampenan ternyata isu kenaikan harga BBM beberapa waktu yang lalu hanya mempengaruhi bebrapa komoditi saja seperti gula,minyak,dan daging. Berikut data yang kami peroleh:
1.     Pengaruh Isu terhadap harga beras
Dari penuturan inaq iri dan inaq mujnah selaku pedagang beras di pasar Barata harga beras sebelum dan sesudah isu BBM ternyata tetapyaitu antara Rp.8.000,00/kg-Rp.9.000,00/kg, namun kata mereka harga di pengaruhi oleh pasokan beras. Jika pasokan beras naik atau melonjak naik maka harga akan turun dan sebaliknya jika pasokan beras kurrang maka harga akan cenderung naik.
2.     Pengaruh isu terhadap harga gula pasir dan minyak goreng
Menurut penuturan inaq mujnah hanya harga gula pasir dan minyak goreng saja yang berpengaruh terhadap isu kenaikan BBM, yaitu Rp.10.000,00 pada saat sebelum isu kenaikan BBM, dan Rp.11.000,00 setelah isu kenaikan BBM.
3.     Pengaruh isu terhadap harga daging sapi
Harga daging sebelum dan sesudah isu kenaikan BBM terjadi kenaikan sebesar Rp.500,00/kg dari Rp.65.000,00 menjadi Rp.70.000,00/kg
4.     Pengaruh isu terhadap harga tahu
Tahu termasuk dari barang yang tidak terpengaruh dengan isu kenaikan BBM,harga sebelum dan sesudah isu tetap yaitu Rp.10.000,00/bungkus.





BAB III
PNUTUP
A.    Kesimpulan
Hal yang dapat kami simpulkan dari penjelasan di atas adalh bahwa isu kenaikan BBM bebrapa minggu yang lalu ternyata tidak terlalu berpengaruh terhadap kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok, kalaupu ada kenaikan itu bukan di sebabkan oleh isu kenaikan harga BBM, akan tetapi di pengaruhi oleh jumlah pasokan, adapun pada gula dan minyak di pengaruhi oleh biaya pengiriman dari luar daerah.
B.    Saran
Menurut kam hendaknya masyarakat janga terprovokasi dengan isu naiknnya harga BBM, karena hal itu tidak mempengaruhi harga barang-barang kebutuhan pokok,biasanya yang mengatakn harga naik itu adalh produsen atau penjual yang tentu saja tujuannnya adalah untuk mengeruk keuntungan yang lebih besar lagi.

0 komentar: