Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

23/06/2012

Makalah


Makalah
Peranan Manajemen Bagi Staff “
O
L
E
H

Saahabudin Rasyid
(A1B 011 142)
Fakultas Ekonomi
Universitas Mataram
2012


Kata Pengantar
Alhamdulillah segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Alloh Subhanahu wata’ala yang telah memberikan kita begitu banyak nikmatnya sehingga kita masih bisa tetap beraktivitas, terutama bagi penyusun bisa menyelesaikan penyusunan  makalah ini. Dan yang kedua kalinya Shalawat serta salam semoga tetap tecurahkan kepada junjungan alam nabi besar Muhammad Shallallohu alaihi wasallam yang dengan risalah yang di bawanya sehigga bisa mengubah kehidupan ummat manusia dari alam jahiliyah menuju alam Yang islamiah.
Makalah yang berjudul “ Mampaat Manajemen Bagi staff  ” ini kami susun untuk menyelesaikan tugas dari dosen pembimbing mata kuliah pengantar manajemen. Namun itu bukanlah yang terpenting, yang terpenting adalah mampaat makalah ini bagi segenap pembaca, semoga dengan makalah yang sederhana ini bisa memberi mampaat bagi para pembaca dari bebagai latar belakang yang ingin mengetahui mampaat manajemen bagi tenaga kerja (SDM) khususnya staff.
Ahirnya kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca agar kami bisa lebih baik lagi dalam menyusun makalah-makalah yang akan dating. Ahirnya kami ucapkan wabillahitaufik wal hidayah.
Wassalamualaikum warohmatulloh


Penyusun





Daftar Isi
Kata Pengantar
Daftar Isi
Pengertian Manajemen
Organisasi Staf
Peranan manjemen bagi staf
















A.   Pengertian manajemen
Manajemento manage – control – mengendalikan, menangani, atau mengelola (Indonesia), mengurus (Malaysia).  Manajemen (management) – kata benda, arti:
1.   Pengelolaan, pengendalian, penanganan (managing),
2.   Perlakuan secara terampil (skillfull treatment)
Secara umum manjemen adalah suatau proses yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengendalian untuk mencapai target tertentu, melalui pemampaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
Selanjutnya yang akan kita bahas dalam makalah ini adalah tentang SDM nya yaitu khususnya peranan manjemen bagi staf.

B.    Organisasi staf (staff organisazition)
Sebelum beranjak pada pembahasan menegnai peranan manjemen bagi staf terlebih dahuku kita akan bahas mengenai organisasi staf, agar kita bisa menyimpulkan apa saja peranan manajemen bagi staf.
           Organisasi staf adalah suatu organisasi yang mempunyai hubungan dengan pucuk pimpinan dan mempunyai fungsi memberikan bantuan, baik berupa pemikiran maupun bantuan yang lain demi kelancaran tugas pimpinan dalam mencapai tujuan secara keseluruhan (tidak mempunyai garis komando ke bawah/ke daerah-daerah)
Berikut Contoh bagannya :








 





            Dari bagan di atas kita bisa lihat posisi staf tepat di bawah pimpinan sehingga para staf bisa langsung berhubungan dengan pimpinan perusahaan (manajer).  Jadi, kita bisa simpulkan
C.     Peranan manjemen bagi staf antara lain
1.     Staf mempunyai wewenang fungsional, memberikan bantuan saran atau petunjuk, baik berupa pemikiran, tenaga kerja, keuangan, material maupun fasilitas-fasilitas, sarana dan prasarana yang sanggup serta mampu mendukung pelaksanaan tugas pokok organisasi (kepala/pimpinan mempunyai wewenang komando).
2.     Dengan adanya manajemen para staf akan berusaha maksimal untuk mencapai tujaun perusahaan, sekali lagi dengan adanya sfesifikasi pekerjaan antar staf, sehingga setiap staf hanya fokus pada tugas yang telah di bebankan
 kepadanya.
3.     Terdapat spesialisai tugas sehingga para staf adalah orang-orang yang professional di bidangnya, dengan ini diharapkan tujuan dan target perusahaan dapat tercapai dengan maksimal.
4.     Para staf mendapat perintah dari beberapa pejabat yang masing-masing menguasai suatu bidang keahlian tertentu dan bertanggung jawab sepenuhnya atas bidangnya.
5.     Tugas serta wewnang para staf sudah di tentukan sehingga atau di organisir oleh manjemen puncak sehingga mereka akan tau apa saja yang menjadi tugas mereka sehingga tugas mereka tidak ngambang.
6.     Dengan adanya manjemen, jika ada masalah yang mereka alami di dalam menjalankan tugas, mereka bisa langsung mengadukannnya kepada manjajer secara langsung, sehingga masalah mereka bisa langsung di tangani oleh manjer yang bertindak sebagai atasan mereka.
7.     Karena sutau perusahaan memiliki tujuan tertentu, sehingga mereka membutuhkan orang-orang yang sesuai dengan bidangnya dan mengharapkan usaha yang maksimal dari para pekerjanya termasuk para staf, untuk itu perusahaan akan berusaha mamenuhi kebutuhan para karyawan termasuk staf sperti kebutuhan psikologis maupun biologis mereka di antaranya dengan meberikan motivasi, memberikan waktu libur untuk berkumpul dengan keluarga,dan sebagainya. Agar para karyawan atu staf bisa tetap bekerja maksimal untuk mencapai tujuan prusahaan, jadi para pekerja tidak perlu khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhannya.
8.     Bagi staf yang dalam tugasnya bisa terlaksana dengan baik agan di berikan reward atau penghargaan baik brupa materi maupun non materi seprti pemberian hadiah berupa uang, uang tunjangan ataupun berupa kenaikan pangkat, dan sebagainya.





















Daftar Pustaka
Jurnal- sdm.blogspot.com
Bayu permana.blog.perbanas.ac.id

                                   









0 komentar: