Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

27/05/2013

Pemuda = Perubahan



Oleh : Sahabudin Rasyid
Tanggal 20 mei 1908 adalah tonggak sejarah perjuangan bangsa indonesia yang tidak akan pernah terlupakan dalam sejarah. Akan terkenang sepanjang sejarah. Tanggal 20 Mei 1908 merupakan salah satu sejarah yang membuktikan betapa  besarnya peran pemuda dalam membangun suatu bangsa, sekali lagi 20 Mei 1908 membuktikan bahwa PEMUDA adalah pelopor perubahan.
Sejarah telah banyak mencatat bahwa banyak perubahan besar yang baik atau buruk selalu di pelopori oleh pemuda, Pemuda jugalah yang "memaksakan" kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Pemuda jugalah yang menggerakan TRITURA dan pemuda jugalah yang berinisiatif "menjatuhkan Rezim Soeharto" 1998.  
Karena itu kata kuncinya adalah PEMUDA dan PERUBAHAN. lalu muncul pertanyaan dalam benak kita, pemuda yang sperti apakah yang bisa membawa perubahan itu? Apakah semua pemuda? Lalu perubahan yang seperti apa yang di harapkan dari para pemuda itu?
Jawabnnya adalah pemuda pembawa perubahan itu adalah pemuda yang enerjik, intelek, dan peduli akan perubahan, karena itu pemuda pembawa perubahan itu bukanlah sembarangan pemuda. pemuda pembawa perubahan itu adalah orang-orang yang “Gila”, yang memikirkan perubahan negara, sementara mereka belum tentu mampu mengubah diri mereka sendiri. Pemuda perubahan itu adalah orang-orang “ Katrok”  yang suka merenung sendiri tentang perubahan apa yang akan dilakukan untuk negaranya. Pemuda perubahan itu adalah orang-orang yang “ Tidak Gaul” , banyak menghabiskan waktu bermainnya di forum-forum diskusi kecil yang  membahas bagaimana memberikan mamfaat kepada bangsa dan negaranya,  memikirkan orang lain bahkan “lupa” diri sendiri..
Lalu Perubahan apa yang diharapkan dari para pemuda itu? Perubahan yang diharapkan tentunya adalah perubahan yang membawa  kebaikan bukan perubahan yang justru memperkeruh suasana, dengan hanya menyalahkan tanpa mampu memberikan soslusi atas permasalahan bangsanya.
Maka sehrusnya pemuda intelek yang enerjik tersebut mampu memberikan sedikit kontribusi bagi perubahan bangsanya, bahkan sebenarnya perubahan yang dibutuhkan bangsa indonesia untuk saat ini adalah perubahan besar di segala bidang, Masalah korupsi, kesenjangan yang semakin lebar antara si kaya dan si miskin, sikap hidup hedon, dunia yang semakin dikuasai hawa nafsu sepertinya mengajak "Pemuda" perlu berkontribusi lebih jauh. Tapi apa? Sering kita mendengar kalimat klise, mulailah dari diri sendiri, biar tidak dicap sebagai orang Munafik :)...Tapi sepertinya "Pemuda" haruslah mulai bergerak. Dalam bidang apa kita bergerak ya..terserah kita  dibidang apa yang kita mampu. Untuk pernyataan  klise di atas spertinya Pemuda perlu disadarkan bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, yang ada hanyalah orang yang berusaha untuk sempurna meskipun kesempurnaan itu tidak akan pernah di dapatkan, bukankah kita sering mendengar bahwa “yang dinilai oleh Allah SWT adalah proses yang kita jalani bukan hasil yang kita peroleh”. Jadi, sobat muda hilangkan pernyatan klise itu dari dalam diri kita dan bergeraklah “ PERBAIKI DIRI, TEBARKAN KEBAIKAN UNTUK PERUBAHAN.

0 komentar: