Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

28/09/2013

Jenis-Jenis Lay out



Jenis jenis Layout
1.     1.   Lay out Fungsional atau Layout Proses adalah adalah pengelompokan mesin dan peralatan-peralatan sejenis pada suatu  tempat (pusat) yang melaksanakan fungsi-fungsi yang sama.Misalnya, Pmerosesan data dilakukan dibagian computer, dan sebagainya.
Kelebihan dari Ly Out Fungsional antara lain :
-          Menghasilkan penggunaan spesialisasi mesin yang paling baik.
-          Mesin-mesinnya serba guna, dimana biasanya memerlukan biaya lebih kecil disbanding mesin-mesin khusus.
-          Fasilitas-fasilitas fungsional tidak terpengaruh oleh kerusakan salah satu mesin, karena bisa dialihkan ke mesin lain yang mempunyai fungsi serupa, dan penundaan jarang mengganggu pesanan-pesanan lain.
-          Bila produk sangat bervariasi dan dibuat dalam jumlah sedikit, biaya akan lebih mudah daripada dengan lay out produk.
-          Dan antara mesin dan karyawan tidak saling tergantung.
Sedangkan keburukan dari Lay Out fungsional adalah :
-          Mesin- mesin serbaguna biasanya beroperasi lebih lambat disbanding dengan mesin-mesin khusus, sehingga biaya operasi per satuan lebih tinggi.
-          Penanganan bahan (material handling) dan biaya transportasi dalam pabrik tinggi, karena produk-produk yang berbeda mengikuti jalur yang berbeda pula.
-          Bahan-bahan dalam pabri bergerak lamban, sehingga konsekuensinya persediaan barang dalam proses relative besar sehingga memerlukan ruang penyimpanan yang luas.
Lay out fungsional baik bagi perusahaan yang memproduksi barang-barang dalam volume kecil dengan macam produk yang banyak.
2.       2. Lay out produk
Adalah layout yang mengelompokkan mesin-mesin dan peralatan-peralatan yang digunakan untuk membuat produk-produk tertentu berdasarkan atas urutan proses produksi. Layout produk berorientasi pada produk yang sedang dibuat untuk mencapai volume produksi yang tinggi.
Proses produksi yang terus menerus adalah yang paling baik untuk pola layout ini, terutama produk yang dibuat dalam julah besar.kelebihan dan kerkurangannnya merupakan kebalikan dari layout fungsional.
3.       3. Layout kelompok
Layout kelompok merupakan variasi dari layout produk. Dalam layout kelompok, bagian-bagian dan komponen-komponen yang sedang dibuat dikelompokkan menjadi semacam”Keluarga” dan setiap komponen diselesaikan didaerah-daerah spesialisasi dengan keseluruhan urutan pengerjaan mesin dilakukan ditempat tersebut.
4.       4. Layout posisi tetap
Yaitu menempatkan produk-produk kompleks yang sedang dirakit pada suatu tempat, layout ini sering digunakan dalam produk-produk besar dan kompleks. Seperti pabrik mesin, lokomotif, kapal terbang, kapal laut, jembatan, dan rumah-rumah pabrikan.

0 komentar: