Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

18/10/2013

Analisis Biaya


BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar belakang
Era 2013 adalah era demokrasi dan era persaingan ekonomi yang sangat luar biasa menuju komunitas ASEAN 2015. Persaingan usaha semakin ketat, sebuah perusahaan di tuntut untuk bisa mengikuti perkembangan pasar, mengetahui kebutuhan konsumen, dan selalu berinovasi, jika ingin tetap berada dalam arena persaingan.
Di tengah persaingan tersebut di satu sisi suatu perusahaan dituntut untuk mengatur pengeluarannya( biaya) dengan hemat dan cermat.
Maka melihat akan pentingnya penyususnan biaya perusahaan, penting kiranya bagi pihak manajer untuk menganalisis biaya-biaya yang akan dikeluarkan untuk menjaga keberlangsunagan usahanya. Itulah barangkali yang melatar belakangi penyususnan makalah yang sederhana ini, dan harapan dari penyususn dapat bermamfaaat bagi pembaca sekalian.
2.      Rumusan Masalah
Adapaun rumusan masalah yang diangkat dalam makalah ini, mengacu pada latar belakang yang sudah disebutkan di atas adalah :
a.       Apa pengertian analaisis Biaya?
b.      Apa tujuan analisis Biaya?
c.       Apa saja klasisfikasi biaya itu?
d.      Bagaimana contoh aplikasi analisis biaya dalam suatu perusahaan?


BAB II
PEMBAHASAN
A.       Pengertian Analisis Biaya
A.1. Pengertian Biaya
Biaya Adalah : sejumlah Uang yang dikeluarkan untuk melakukan proses produksi sampai distribusi dan merupakan pengorbanan serta mengurangi profit perusahaan.
Dalam arti sempit, biaya dapat diartikan sebagai pengorbanan sumber ekonomi untuk memperoleh aktiva
Dalam arti luas biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi atau yang kemungkinan akan terjadi untuk tujuan tertentu.
B.       Tujuan Analisis Biaya
a.       Untuk mengendalikan biaya
Tanggung jawab atas pengendalian biaya ini harus diserahkan kepada bagian yang bertanggung jawab atas penyusunan anggaran untuk biaya yang dikendalikannya. Dalam proses pengendalian ini dapat digunakan biaya standar, yang merupakan dasar bagi anggaran dan laporan yang mengidentifikasikan penyimpangan (varians) antara biaya standar dengan biaya aktual.
b.      Untuk menentukan keputusan strategi harga
Didalam penetapan kebijakan ini, pada dasarnya akan diarahkan pada penggantian semua biaya, tetapi juga harus dapat menunjang tingkat keuntungan yang hendak diperoleh. Jadi pertimbangan-pertimbangan mengenai biaya akan dapat dijadikan penentu didalam penetapan harga (selain pengaruh permintaan dan penawaran yang ada).
c.       Untuk merencanakan laba
Dalam Analisis Baiaya perusahaan menghitung umlah biaya yang dikeluarkan mulai dari kegiatan sebelum produksi hingga proses distribusi. Sehingga hal ini akan membantu perusahaan dalam merencanakan berapa besaran laba yang di inginkan.
d.      Untuk menghitung laba/rugi
Salah satu tujuan utama akuntansi biaya adalah mengalokasikan biaya pabrik (manufacturing cost) ke unit-unit produk dalam persediaan akhir dan ke unit-unit produk yang dijual selama satu periode. Kemudian pada akhir tahun fiscal, penandingan (matching) biaya terhadap pendapatan akan menghasilkan laba untuk periode tersebut. Biaya dan laba dapat dilaporkan menurut segmen perusahaan atau dapat dilaporkan untuk perusahaan secara keseluruhan (tergantung pada manajemen dan prinsip akuntansi yang berlaku).

C.      Klasifikasi Biaya

C.1 Berdasarkan  Pengelompokan Biaya

C.1.1 Biaya Pabrikase / Pabrik
1)    Bahan langsung (Direct Materials)
Adalah semua bahan yang membentuk bagian integral dari barang jadi.
Contoh : Biaya pembelian Kayu di perusahaan meubel
2)    Tenaga Kerja Langsung (Direct Labor).
Adalah tenaga kerja yang dikerahkan untuk mengubah bahan langsung menjadi barnag jadi.
Contoh : Biaya untuk pembayaran pegawai yang membuat meja
3)    Biaya Overhead Pabrik
a)      Bahan Tidak Langsung
Adalah bahan yang dibutuhkan guna menyelesaikan suatu produk, tetapi pemakaiannya sedemikian kecil.
Contoh : Biaya untuk pembelian amplas, paku, lem
b)      Tenaga Kerja Tidak Langsung
Tenaga kerja yang dikerahkan secara tidak langsung mempengaruhi pembuatan barang jadi. Contoh : Biaya untuk membayar pengawas/mandor
c)      Biaya Tidak Langsung Lainnya
Contoh : Biaya telepon, listrik, air dll.
          C.1.2 Biaya Komersial
1)     Biaya Pemasaran
Biaya pada saat setelah barang jadi telah siap untuk dijual.
Contoh : Biaya Iklan, Biaya Pengiriman Barang
2)       Biaya Administrasi
Biaya yang dikeluarkan dalam mengatur dan mengendalikan organisasi.
Contoh : Biaya untuk Manager Puncak, Gaji Bagian Personalia

C.2  Berdasarkan Tingkah Laku Biaya

a)      Biaya Variabel ( variabel Cost/ VC)
Biaya yang berubah-ubah sebanding dengan perubahan volume produksi/ penjualan.
Contoh : Biaya Bahan Langsung, Biaya Tenaga Kerja Langsung
b)      Biaya Tetap ( Fixed Cost/ FC)
Biaya dimana jumlah totalnya tetap walaupun jumlah yang diproduksi/dijual berubah-ubah dalam kapasitas normal.
Contoh : Biaya pembelian mesin
c)      Biaya Semi Variabel
Biaya dimana jumlahnya berubah-ubah dalam hubungannya dengan perubahan kuantitas yang diproduksi tetapi perubahannya tidak proporsional.
Contoh :Biaya Tagihan Telepon, Biaya Tagihan PLN (Listrik)
C.3  Berdasarkan Pertanggungjawaban
a)        Biaya Terkendali
Adalah biaya yang dikeluarkan oleh suatu tempat biaya dan atas pengeluaran biaya tersebut seseorang harus mempertanggungjawabkan.
Contoh : Biaya pemasangan iklan merupakan biaya terkendali bagi manager Pemasaran
b)      Biaya Tak Terkendali
Adalah biaya yang tidak bisa dibebankan tanggungjawab pengeluarannya pada seseorang manajer/pimpinan pusat biaya.
Contoh : Biaya penggunaan bahan merupakan biaya tidak terkendali bagi Maanger PembelianBerdasarkan Pengambilan Keputusan

D.     Aplikasi Analisis Biaya Dalam Suatu Perusahaan

Contoh Perhitungan Biaya Produksi

Harga jual hasil produksi PT. ”X” sebesar 20.425. dengan data-data biaya yang dikeluarkan adalah sebagai berikut :
Bahan baku yang digunakan
Awal tahun
Akhir tahun
Departemen A
Tarif upah langsung pada Dept. A
Jam kerja yang terjadi pada Dept. A
Tarif upah langsung pada Dept. B
Jam kerja yang terjadi pada Dept. B
Jam mesin pada Dept. B
Overhead pabrik Dept A (perjam buruh langsung)
Overhead pabrik Dept. B (perjam mesin)
2.400
4,10/jam
600
4,00/jam
300
200

2,00
1,80
1.300
4,10/jam
400
4,00
140
120

2,00
1,80
Biaya pemasaran dan administrasi yang dibebankan oleh perusahaan sebesar 25 % dari harga pokok produksi.
Tentukan biaya total produksi serta persentasi margin.

Jawab :
BAHAN LANGSUNG
Tanggal
Departemen
Biaya
Biaya Total
1 Januari
31 Desember
A
A
2.400
1.300


3.700

BURUH LANGSUNG
Tanggal
Depertemen
Jam
Upah/jam
Biaya
Biaya Total
1 Januari
1 Januari
31 Desember
31 Desember
A
B
A
B
600
300
400
140
4,10
4,00
4,10
4,00
2.460
1.200
1.640
560




5.860

OVERHEAD PABRIK
Tanggal
Dept.
Dasar Pengenaan (DP)
Jam
Biaya/DP
Biaya
Biaya Total
1 Januari
1 Januari
31 Desember
31 Desember
A
B
A
B
/jam buruh
/jam mesin
/jam buruh
/jam mesin
600
200
400
120
2,00
2,00
1,80
1,80
1.200
360
800
216




2.576








Bahan Langsung                    3.700
Buruh langsung
Dept. A           4.100
Dept. B            1.760
5.860
            9.560
Overhead Pabrik
Dept. A           2.000
Dept. B               576
                                                            2.576
Biaya Total Produksi                          12. 136

*Biaya pemasaran & adm 25 % x 12.136 = 3.034
Maka biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan :
= 12.136 + 3.034
= 15.170
Harga jual produksi oleh perusahaan =  20.425
Laba yang diperoleh perusahaan :
20.425 – 15.170 = 5.255
Presentasi margin yang diperoleh perusahaan sebesar :
(5.255/20.425) x 100 % = 25,73 %



BAB III
Penutup
Kesimpulan
1.        Biaya merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan dalam menjalankan usahanya. Hal ini disebabkan biaya sangat menentukan keuntungan yang akan diperoleh perusahaan. Biaya adalah semua pengeluaran yang dapat diukur dengan uang, baik yang telah, sedang maupun yang akan dikeluarkan untuk menghasilkan suatu produk.
2.        Tujuannya analisis biaya antara lain Pengendalian biaya dan jika memungkinkan menguranginya, Pengukuran efesiensi, Penyederhanaan prosedur pembiayaan, Penilaian persediaan, Penentuan harga jual.



Daftar Pustaka
http://alvinburhani.wordpress.com/tag/materi-kuliah-analisa-biaya/
masud.lecture.ub.ac.id/files/2010/06/Analisis-Biaya.pdf
staff.blog.ui.ac.id/r.nasrudin/files/2012/11/Analisis-Manfaat-Biaya.ppt
 

0 komentar: