Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

21/12/2013

Visi Misi yang Baik


A. Pengertian Visi Misi dan Syarat Visi Misi yang Baik 
     Visi adalah impian suatu lembaga di masa yang akan datang. Atau secara lengkapnya visi dapat dikatakan sebagai kejelasan pandangan, bukan dalam konteks visual, namun dalam konteks mempersepsi dan memahami sesuatu berdasarkan prinsip-prinsip kebenaran yang diyakini. Jadi visi tersebut perlu dibuat sebagai ilham bagi setiap langkah yang diambil oleh lembaga. Suatu lembaga harus memiliki visi yang jauh ke depan, luas, dan menyeluruh, serta tidak kaku terhadap sudut pandang yang lain. Maka untuk merumuskannya, menurut B.S. Wibowo dalam buku SHOOT, terdapat beberapa hal yang perlu dipenuhi, yaitu: 
1. Visi adalah apa yang tampak di khayal atau kemampuan untuk melihat pada inti persoalan. 
2. Visi adalah bagaimana seluruh anggota lembaga tersebut bersepakat untuk mencapainya. 
3. Visi merupakan ekspresi dari suatu harapan. 
4. Visi merupakan penjabaran bagaimana wujud suatu lembaga apabila tujuannya tercapai. 
5. Visi ditulis dalam bentuk tujuan dalam satu kalimat pendek. 
6. Visi sebaiknya pendek, singkat, dan spesifik. 
7. Visi sebaiknya relevan dengan lembaga, dapat dicapai, dan memuaskan.
 8. Visi hendaknya dapat diukur pencapaiannya, sehingga dapat dikembangkan jika sudah tercapai. 
9. Visi sebaiknya yang kasat mata sehingga semua orang dapat melihat tujuan, dan dapat menyetujui imajinasinya. 
10. Visi tidak lepas dari sejarah pendirian dan perkembangan lembaga. 
        Sedangkan Misi ialah arah yang ingin dicapai oleh suatu lembaga, yaitu pernyataan mengenai hal-hal yang harus dicapai organisasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan di masa yang akan datang dengan menyiratkan bentuk pelayanan yang akan ditawarkan dalam pencapaian visi. Dengan demikian misi dapat berarti kristalisasi nilai-nilai yang diyakini kebenarannya oleh suatu organisasi, dan nilai tersebut merupakan ukuran yang mengandung kebenaran atau kebaikan mengenai keyakinan dan perilaku organisasi yang paling dianut dan digunakan sebagai budaya kerja dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan kegiatan untuk mencapai misi dan visi organisasi.
 B. Contoh Visi dan Misi
 1. Visi Misi Universitas Mataram 
VISI :
 Menjadi lembaga pendidikan tinggi berbasis riset berdaya saing internasional tahun 2025. 
MISI : 
1. Melaksanakan proses pendidikan tinggi berstandar mutu nasional dan internasional yang berbasis riset yang kuat dalam ranggka untuk menghasilkan sumberdaya manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuahan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki kopetensi dalam bidang bidangnya, dan berwawasan global. 2. Melaksanakan kegiatan riset berstandar mutu nasional dan internasional untuk menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat menambah hasanah ilmu pengetahuan, dan menjadi rujukan pemecahan masalah di masyarakat, dalam rangka mendukung proses pembelajaran bermutu kepada mahasiswa dan pengabdian kepada masyarakat. 
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang didasari pada hasil riset, dalam rangka memberikan kontribusi untuk memecahkan berbagai persoalan yang timbul di masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan membangun sosial serta budaya masyarakt Indonesia. 
4. Membangun jaringan kerjasama yang luas dengan berbagai pihak instansi pemerintah dan swasta, di dalam dan luar negeri, dalam rangaka untuk mendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang berstandar mutu nasional dan internasional 
5. Melaksanakan tata kelola aset, keuangan dan administrasi yang memenuhi standar tata kelola Universitas yang baik, efisien, efektif, transparan dan akuntable (good university governance), dalam rangka untuk mendukung pelaksanan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang berstandar mutu nasional dan internasional. 
2. Visi Misi Fakultas Ekonomi Universitas Mataram 

Visi : 
Terwujudnya  Fakultas Ekonomi UNRAM Sebagi pusat riset dan pengembangn ilmu bisnis dan manajemen dikawasan timur Indonesia pada tahun 2020 yng mampu menghsilkn lulusan berkualitas dan berjiwa wirausha dan di landasi iman, moral dan etika.
Misi :
1. Terwujudnya prodi Manajemen FE UNRAM yang berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan orientasi sebagai wahana riset di tingkat nasional berdasarkan atas nilai-nilai sosial dan budaya daerah.
2. Mewujudkan program studi Manajemen FE UNRAM berkualitas dan bertata kelola yang baik
3. Visi Misi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mataram 
Visi : 
Terwujudnya Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi UNRAM Sebagi pusat riset dan pengembangn ilmu bisnis dan manajemen dikawasan timur Indonesia pada tahun 2020 yng mampu menghsilkn lulusan berkualitas dan berjiwa wirausha dan di landasi iman, moral dan etika. 
Misi : 
1. Terwujudnya prodi Manajemen FE UNRAM yang berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan orientasi sebagai wahana riset di tingkat nasional berdasarkan atas nilai-nilai sosial dan budaya daerah.
2. Mewujudkan program studi Manajemen FE UNRAM berkualitas dan bertata kelola yang baik. 
 4. Visi Misi 3 Universitas Ternama di Dunia / Asia Tenggara 
4.1. National University Of Singapore 
Visi 
Menjadi Universitas berwawasan global Terkemuka di Asia 
Misi 
Mengubah Pola Fikir dan tingkah laku melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian dengan mensinergikan 3 peran berikut : - Pendidikan yang transformatif - Penelitian berdampak tinggi yang memajukan batas-batas pengetahuan dan berkontribusi terhadap perbaikan masyarakat. - Memberikan layanan, sebagai universitas nasional, yang menambah pembangunan sosial, ekonomi dan nasional.
 4.2. Universitas Gadjah Mada
 Visi: 
Universitas Gadjah Mada sebagai pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.
 Misi: 
Menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat
 4.3. Universitas Indonesia 
Visi :
“Menjadi Universitas Riset Kelas Dunia” 
Misi:
 • Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi berbasis riset untuk pengembangan Ilmu, Teknologi, Seni dan Budaya.
 • Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi yang mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf dan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia serta kemanusiaan. 
5. Visi Misi 3 Perusahaan Besar di Indonesia 
5.1. Garuda Indonesia
 Visi :
Perusahaan Menjadi perusahaan penerbangan yang handal dengan menawarkan layanan yang berkualitas kepada masyarakat dunia menggunakan keramahan Indonesia. 
Misi:
 Perusahaan Sebagai perusahan penerbangan pembawa bendera bangsa Indonesia yang mempromosikan Indonesia kepada dunia guna menunjang pembangunan ekonomi nasional dengan memberikan pelayanan yang profesional. 
5.2. Bank Mandiri
 Visi: Menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif Misi: - Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar - Mengembangkan sumber daya manusia professional - Memberi keuntungan yang maksimal bagi stakeholder - Melaksanakan manajemen terbuka - Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan
 5.3. PT. PLN ( Persero) 
Visi : 
Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang Bertumbuh kembang, Unggul dan Terpercaya dengan bertumpu pada Potensi Insani.
 Misi :
• Menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait, berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham.
 • Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. 
• Mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi. 
• Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.

0 komentar: